Berita

Berita Thumbnail
Jumat, 19 Agustus 2022
Oleh: Admin

Sistem Penjejak Solar Panel PV 10 WP Dengan Motor Servo

Halo Sobat Elektro! Ini salah satu contoh tugas akhir yang dihasilkan mahasiswa berjudul “Sistem Penjejak Solar Panel PV 10 WP Dengan Motor Servo” dan pastinya mulai muncullah pertanyaan..untuk apa sih fungsinya dan gimana cara kerjanya? Alat ini berfungsi untuk penunjang Solar Panel (salah satu penghasil Renewable Energy) sehingga dapat memaksimalkan kinerja solar panel tersebut. Gimana cara kerjanya? Alat ini memanfaatkan sensor Light Dependent Resistor (LDR) dan dipasangkan di sisi Timur dan Barat panel surya, sehingga panel surya akan bergerak mengikuti intensitas cahaya matahari yang lebih tinggi dengan bantuan motor servo.

BTW kalian tahu kan apa itu Renewable Energy? Kalau belum sini admin jelasin 😀
Renewable energy (Energi terbarukan) adalah energi yang berasal dari “proses alam yang berkelanjutan”, seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air, proses biologi, dan panas bumi. Jadi sebenarnya ada beberapa jenis dari energi terbarukan, tapi kali ini admin fokuskan di energi surya.
Apa itu energi surya? Energi surya itu bukan energinya mas Surya yaa hehe…
Energi surya adalah energi yang dihasilkan dari sinar dan panas dari matahari.
Energi ini dapat dimanfaatkan dengan menggunakan serangkaian teknologi seperti pemanas surya, fotovoltaik surya, listrik panas surya, arsitektur surya, dan fotosintesis buatan.
Dikutip dari www.cnnindonesia.com, PT PLN (Persero) menginginkan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) atau yang menggunakan batu bara dan
pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) pensiun alias tidak beroperasi lagi pada 2025. Perusahaan berencana menggantikannya dengan pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT).
Ini artinya peluang karir terbuka lebar di bidang Teknik Elektro.
Yuk peersiapkan bekal diri yang cukup untuk kalian para mahasiswa teknik elektro dan para calon mahasiswa teknik elektro untuk masa yang akan datang!